Struktur dan Fungsi CPU



CPU
CPU adalah singkatan dari Central Processing Unit merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. komponen pengolah data berdasarkan intruksi yang diberikan kepadanya, dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya, CPU tersusun atas beberapa komponen.

Komponen Utama CPU
  1. Arithmetic and Logic Unit (ALU)
  2. Control Unit
  3. Registers
  4. CPU Interconnections
Arithmetic and Logic Unit (ALU)
Bertugas membentuk fungsi-fungsi pengolahan data komputer.
ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan intruksi-intruksi bahasa mesin yang diberikan padanya.
Seperti istilahnya ALU terdiri dari dua bagian, yaitu Unit Arithmetika dan unit logika boolean, yang masing-masing memiliki spesifikasi tugas tersendiri.

Control Unit (CU)
Bertugas mengontrol operasi CPU dan secara keseluruan mengontrol komputer sehingga terjadi sinkronisasi kerja antar komponen dalam menjalankan fungsi-fungsi operasinya. termasuk dalam tanggung jawab unit kontrol adalah mengambil intruksi-intruksi dari memori utama dan menentukan jenis intruksi tersebut.

Registers
Media penyimpanan internal CPU yang digunakan saat proses pengolahan data. Memori ini bersifat sementara, biasanya digunakan untuk menyimpan data saat diolah ataupun data untuk pengolahan selanjutnya.




CPU Interconnections
Sistem koneksi dan bus yang menghubungkan komponen internal dan bus-bus eksternal CPU. Komponen internal CPU yaitu ALU, Unit Control dan register-register. Komponen eksternal CPU : sistem lainnya, seperti memori utama, piranti masukan/keluaran.

Fungsi CPU
  • Menjalankan program - program yang di simpan dalam memori utama dengan cara mengambil intruksi - intruksi, menguji intruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
  • Pandangan paling sederhana proses eksikusi program adalah dengan mengambiul pengolahan intruksi dari 2 langkah, yaitu : operasi pembacaan intruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan (execute).
Aksi CPU
  1. CPU  -  Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
  2. CPU  -  I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
  3. Pengolahan data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
  4. Kontrol, merupakan inrtuksi untuk pengontrol fungsi pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya intruksi pengubahan urusan eksekusi.

Source: http://indraaone.blogspot.co.id/2016/01/struktur-dan-fungsi-central-processing.html

2 comments:

  1. Terima Kasih Infonya gan Sangat Bermanfaat… Bagi yang mau belajar pemrograman ini alamat link buat belajar pemrograman
    https://combro.xyz https://combro.xyz/category/algoritma-pemrograman/ https://combro.xyz/organisasi-komputer/ https://combro.xyz/sistem-operasi/ https://combro.xyz/komunikasi-data/ https://combro.xyz/olahraga/ https://combro.xyz/konsep-multimedia/ https://combro.xyz/pemrograman-berorientasi-objek/ https://combro.xyz/perancangan-web/ https://combro.xyz/jaringan-komputer/ Banyak Informasi seputar Pelajar, Mahasiswa, pemrograman dan perkuliahan

    ReplyDelete